09 July, 2009

Was-was dengan masa depan anak

Orang tua mana yang tidak bingung ketika menghadapi pilihan anaknya ... sekolah di negeri (yang katanya biaya murah bahkan gratis) atau masuk swasta yang pasti biaya mahal ?!! Memikirkan tentang anak memang mudah sulit bin mumet. Tidak mungkin orang tua menginginkan yang jelek.. pasti yang terbaik minimal lebih baik dari orang tuanya.

Kehidupan sosial masyarakat belakangan ini memang sulit dipahami oleh kaum miskin, karena pendidikan yang baik menjadi hak milik kaum kaya. Kecuali bagi mereka yang berprestasi dan ulet tak kenal putus asa. Mau lihat ketegangan orang tua ketika melihat posisi anaknya diurutan terbawah ketika mendaftar sekolah negeri, tegang, cemas, takut.. meriang sulit tidur... membayangkan biaya nya apabila diterima di sekolah swasta yang di Indonesia dipastikan berbiaya lebih tinggi daripada di Negeri (untuk setingkat SMP dan SMA), belum lagi membayangkan kalau diswasta yang biasa.... banyak anak yang nakal... takut terpengaruh...

PAda dasarnya orang tua harus tetap tenang dan tetap yakin... apapun yang terjadi anak harus sekolah dan terus dalam bimbingan. So Negeri belum tentu menghasilkan masa depan cerah bagi anak... tapi menghemat pengeluaran bagi orang tua.

www.clearvieweducation.com -- Online college degrees

No comments: