09 April, 2018

Pendidikan DI Indonesia

Bagaimana kondisi pendidikan di Indonesia di tahun 2018 ini ? Kondisi memang sudah meningkat, dengan anggaran yang disediakan negara untuk pendidikan. Secara kunatitas sudah membaik, tapi secara kualitas masih belum ada peningkatan.


Lowy Institute adalah sebuah lembaga pemikir ternama di Australia dan mereka secara teratur menyelenggarakan acara di Galeri National Victoria, dan hari Senin, Rosser hadir bersama dengan Dr Ken Setiawan juga dari Universitas Melbourne membicarakan masalah pendidikan di Indonesia.

Acara tersebut diselenggarakan lewat kerjasama antara Lowy dengan Departemen Pendidikan negara bagian Victoria dengan maksud untuk melihat peluang apa yang tersedia bagi kalangan pendidikan di Australia untuk masuk ke dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dalam paparannya, Professor Andrew Rosser yang banyak melakukan penelitian mengenai pembangunan di Indonesia mengatakan bahwa dunia pendidikan di Indonesia banyak digunakan untuk kepentingan lain, sehingga hal yang utama seperti peningkatan kemampuan murid di bidang ketrampilan dasar seperti membaca, menulis dan matematika tidak mendapat banyak perhatian.

"Kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dibandingkan dengan negara-negara di kawasan yang sama, tidaklah menunjukkan perbaikan," ujarnya.

Hmm bagaimana Indonesia... ayo membangun bangsa ini menjadi lebih baik... dari pendidikan lah semua itu berasal, maju pendidikan dapat dipastikan maju negara tersebut....

 Sumber : Kualitas tidak meningkat

No comments: