02 November, 2008

MENYONTEK

Ketika saya masih sekolah dasar, saya tidak pernah meyontek... nah ketika SM kira-kira kelas 2 mencoba untuk merasakan bagaimana mecontek itu (maklum SMP swasta jadi ikut-ikutan). Saat itu pelajaran Bhs Daerah (Jawa), mata pelajaran yang sampai sekarang ini tetap nggak bisa... walau ngomongnya bahasa jawa. Waktu itu saya pakai trik contekan saya masukkan di dalam tempat pensil, dengan alasan membukanya heheh ada contekan.. dan itu berhasil.
Alhamdulillaah hal itu sudah tidak saya ulangi lagi, maklum tegang rasanya.... Nah bagaimana agar kita tidak menyontek ?
* Belajar yang giat
* Percaya diri, berapun hasilnya itu adalh hasil murni
* Jangan takut nilai jelek/ banyak salah (ambil hikmahnya)
Agar tidak nyontek lagi diperlukan dukungan dari orang tua :
# Memberikan pujian pada hasil karya anak
# Tumbuhkan rasa percaya diri pada anak
# Jangan memarahi kalu mendapat nilai jelek, tanya apa penyebabnya
# Bantu anak memecahkan soal (walau tidak bisa... ya di kursuskan)
# Komunikasi dengan anak

No comments: