17 December, 2009

NISN = Nomor Induk Siswa Nasional

NISN = Nomor Induk Siswa Nasional merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan setiap pindahan/ siswa pindah sekolah harus tetap memakai NISN ini, dimaapun sekolahnya diseluruh Indonesia. Nah ini terjadi di sekolah dimana saya mengajar, siswa baru tersebut berada di kelas 6 persyaratan untuk mengikuti ujian nasional harus memiliki NISN, sedangkan asal sekolah siswa ini adalah Tangerang.... kalau dia kesana / telepon maka proses nya akan memakan waktu yang lama.

Cara cepatnya ya kita bisa langsung akses di Internet nisn.jardiknas.org di website ini kita bisa menemukan NISN siswa dari seluruh Indonesia. dari sini kita bisa langsung akses menu data siswa (di sebelah kanan blog). setelah itu masukkan Propinsi, kab/ kota dan jenjang sekolah (negeri / swasta) siswa pindahan tadi. Setelah itu akan secara otomatis mengeluarkan data sesuai dengan kota/kab yang dipilih dengan tampilan seluruh sekolah negeri. Setelah itu klik download (hanya terlihat Down) disebelah kanan nama sekolah siswa tadi.

Setelah file sudah diunduh, buka file tersebut dengan klik kiri 2 kali. Akan keluar data sekolah siswa pindahan berupa nama siswa, alamat, tempat tanggal lahir dan NISN. Untuk mempercepat bisa dengan cara tekan ctrl + f lalu ketik nama siswa... cepet ketemu.

No comments: