13 April, 2010

Persiapan Ujian Nasional membuat tertekan...

Ini merupakan cerita nyata yang baru saja saya alami. Kemarin seperti biasa saya mengajar anak kelas 6 SD (TIK), ada kejadian yang aneh karena saya jarang mengalami kejadian ini. Ketika masu saya beri keterangan bagaimana nanti mereka menghadapi Ujian baik praktek maupun teori semua terlihat tak terkendali bahkan yang notabene anak pintar dan selalu rangking 1 juga terlihat liar.

Setelah beberapa saat saya bisa menguasai kelas dan berikutnya saya menjelaskan materi kemudian semua mempraktekan. Nah disaat sela-sela praktek ini saya tanya sama si pintar ini. Kok sekarang jadi ramai dan sulit dikendalikan begini ? mereka menjawab, pelajaran TIK sangat kami tunggu karena selain pelajaran ini guru yang mengajar sangat keras, dan memberikan latihan ujian terus menerus, jadi ketika TIK mereka semua seperti mendapat kebebasan yang luar biasa. Mereka senang, karena sistem pembelajaran yang saya pakai sangat familiar dan menyenangkan walau terkadang mereka kebablasan.

KAsihan mereka, tapi apa mau dikata, Ujian Nasional sudah dekat, mereka harus berlatih terus menerus agar nilai mereka baik dan bisa masuk ke sekolah yang mereka inginkan. Sebenarnya saya berharap pada semua guru khususnya guru kelas 6, berilah siswa ketenangan, bukan keetegangan, menakut-nakuti ... Trik macam itu adalah sudah ketinggalan, buatlah trik yang lebih membuat siswa senang.

No comments: