11 July, 2011

PERJALANAN MENDIDIK DAN JADI PENGALAMAN

SUdah lama saya tidak naik kereta api, sejak kurang lebih 3 tahun lalu, naik kereta apai Surabaya-Kediri, bisa duduk dengan longgar setiba sampai di stasiun Kertosono. Karena trauma itulah mau naik kereta ekonomi yang huuemaat jadi nggak pingin lagi. Selain murah ternyata nggak ada lagi kelebihannya malahan banyak kekurangannya.

Ini terjadi ter jadi pada tanggal 7 Juli 2011 beberapa hari yang lalu. Karena musim liburan, otomatis harus mengajak anak berlibur... kasihan mereka... maklum pekerjaan banyak menumpuk. rabu malam langsung kepikiran ingin ke Kediri, rumah Mbah purt lewat Malang. Sebenarnya waktu tempuhnya tambah panjang, tapi ini kan niatnya berlibur, jadi biar bisa naik kereta api lama + lewat terowongan antara Blitar dan Malang. KEtika malam rabu datang dan memberitahu si kecil mau pergi naik kereta Api... senengnya bukan main. Saya sudah tanyakan kedatangan kereta api DI sidoarjo ke Kediri lewat malang ada 2 di pagi hari yaitu pukul 05.20 dan pukul 07.38

Karena takut nanti kereta api penuh sesak ketika memilih naik jam 7 maka lebih baik naik jam 5.20 saja. Dengan semangat sekeluarga sudah siap pukul 5.00 berangkat ke Stasiun. Sampai disana ternyata yang ingin naik Kereta Api Ekonomi Penataran ini cukup banyak juga, mulai terbayanglah tidak mendapat tempat duduk. Dan terjadi betul... di Sidoarjo nggak dapat tempat duduk, sekeluarga berdiri berdesakan dengan penumpang lain + penjaja kue / asongan yang mondar-mandir.

KAsihan anak istri, setiap stasiun kereta berhenti, tidak ada yang turun malah yang naik buaanyaak... tambah parah deh. 2 jam kemudian sampailah di Stasiun Malang Kota baru, karena tetap nggak dapat tempat duduk ya saya putuskan untuk turun saja, karena kami semua belum makan pagi (sarapan pagi) daripada pingsan wahh malah repot. ketika mau turun diberitahu sama teman ngaji ketika di Kediri dulu ... namanya siapa ya... lupa.. bahwa kalau mau makan makan saja di depan musola Malang kota baru, selain murah juga rasanya enak.

Langsung saja turun dari kereta jujug ke depot bin warung kecil Pak Purwo, menu yang disajikan lumayang banyak dan enak, BAtagor, sayur asem, bayem, sop, kare, rujak wiiih lengkap .. minum susu, jeruk, kopi, es jus harga oke. Pak Purwo juga baik, bahkan mereka menjelaskan enak apa nantinya saya kalau melanjutkan ke Kediri biar dapat tempat duduk karena kalau tetap naik penataran alamat pasti berdiri. Saya juga disuruh mengajak keluarha ke Tamana Belakang BalaiWalikota, gratis, ada hewan, kolam renang.

Akhirnya setelah makan dan lihat lokomotif maju-mundur mindahin gerbang (sikecil seneng banget melihat ini) saya ajak tanya ke loket kalo kek KEdiri naik apa berapa , jam berapa. Ada jam 2 kereta api Senja Kediri berangkat dari Malang jam 2 siang (kelas bisnis) harga karcis lumayan, dibawah itu KA MAtarmaja jam 3 sore berangkatnya dengan harga dibawah KA Senja.

Setelah tahu baru kita jalan ke taman surya, lalu ke Alun-alu hehehh jalan-jalan tak terduga.kembali ke stasiun jam 1 sambil makan siang. Wah cerita masih panjang dilanjut besok saja ya...

No comments: