05 June, 2012

Bisakah Nilai Akademik Menjamin masa Depan ?

Heboh hasil nilai Ujian kelulusan beberapa hari ini yang dengan bangganya Menteri Pendidikan dan kebudayaan kita mengumumkan bahwa tingkat kelulusan meningkat dan hasil rata-rata pu meningkat perlu disikapi dari beberapa sisi. Disatu sisi kemungkinan besar itulah hasil yang kita semua harapkan, di lain sisi apakah pemerataan hasil pendidikan ini sudah terjadi ?

Sungguh hal yang sulit sekali kita telaah tanpa ada ungkapan secara riil data dan kenyataan yang ada. Akankah hasil ini juga akan membuat UNAS / UN menjadi ujung tombak dalam penilaian pendidikan kita ? Seperti judul diatas... Bisakah Nilai Akademik (hasil nilai raport / Ujian nasional) menjamin kehidupan masa depan yang lebih baik ? Kalau dilihat dari sudut pandang bagaimana mereka nantinya masuk di dunia kerja sih mungkin ok... tapi IQ tak menjamin lho..... lebih menjamin kecerdasan EQ.

Lalu apa yang harus kita tanamkan  ? Kalau penulis lebih suka menanamkan moral, karena semua ini akan semakin ok dengan moral yang baik. Nilai baik belum bisa menyakinkan 100% membuat hasil masa depan bangsa semakin baik bagi si empunya...

Jadi daripada admin protes... tapi lebih baik memberikan gambaran yang mungkin bisa dipakai oleh para petinggi negeri ini. Penulis / admin mengalami sendiri berbagai kejadian UNAS/ UN yang mungkin sulit diungkapkan, sehingga memberi kesimpulan UNAS / UN bukan patokan.  HApuskanlah UN/ UNAS yang bisa  mengakibatkan salah pandang... JUJUR akan semakin sulit dicari ... so hanya dengan baiknya moral masa depan akan lebih baik.

No comments: