05 December, 2007

Guru masih tenaga serabutan...!?

Judul diatas nasih bisa dianggap sebagai salah satu peringatan bagi pendidikan kita. dari berita sebelum ini bahwa banyak guru tidak layak mengajar sudah membuat kita bingung. kondisi sekarang guru tidak tetap banyak yang merupakan tenaga asal-asalan.

Kenapa.. karena GTT diangakat setiap setahun sekali oleh SK pemerintah... bagi kepala sekolah yang tidak senang ya boleh tidak meberi SK lagi. tahu nggak kalo ada sampai 10 tahun masih jadi GTT dan tiba- tiba diberhentikan, tidak dapat pesangon dan hak lainnya sebagaimana tertera dalam UU disnaker. buruh aja kalo kontrak hanya diperkenankan selama 4 tahun kalo masih baik harus diangkat sebagai pegawai tetap.

Sungguh menyedihkan... inilah yang menyebabkan tena guru sangat diremehkan.... Diknas saja tidak mau menjamin kelangsung mengajar para GTT. BAgimana mungkin apabila disekolah tersebut mendapat tambahan 1 guru (berasal dari guru bantu yang diangkat PNS dan dari sekolah swasta) tidak akan menyingkirkan para GTT walau dia sudah mengajar bertahun-tahun. bagaimana pendapat anda..?!?

No comments: