11 May, 2011

Esensi Ujian Nasional

Mulai hari ini selasa rabu kamis , semua Sekolah dasar melakukan Ujian nasional. Berdasarkan berita yang telah saya baca di JAwapos, bahwa sebenarnya Ujian yang dilakukan Pemerintah ini masih dalam teguran Mahkamah konstitusi.... karena Pemerintah masih dianggap lalai dalam melaksanakan pendidikan, pemerataan pendidikan masih belum rata di seluruh Indonesia sehingga masih belum layak melakukan Ujian nasional.

Dan kemungkinan besar kecurangan yang terjadi, karena adanya tekanan dari pejabat (Kepala sekolah, Cabang UPTD, Kepala Dinas Pendidikan, Bupati, GUbernur). Kalau ada sekolah yang hasilnya jelek akan dipermasalahkan.... padahal pendidikan yang didapat perkotaan dengan pedesaan masak sama... cek aja lah kalau nggak percaya.

Untuk meperkecil kecuranganpun ternyata pengambilan naskah di Polsek.... wah sebegitu mengkhawatirkannya hingga harus memakai pihak Polisi. Memang para guru, kepala sekolah, murid adalah teroris.... tidak ada relevansi nya antara tingkat keberhasilan siswa dalam Ujian nasional dengan kehidupannya kelak... yang ada malah bisa menambah kehancuran masa depan mereka.... banyak sekali deh masalahnya.... samapi bingung nulisnya.... Semoga Pemerintah memperbaiki sistem yang ada.... Mungkin bisa lihat hasil Kunker DPR diluar negeri (yang pasti mengeluarkan uang dan hasil minim) bagaimana di negara maju menerapkan sistem pendidikan... anehh...

No comments: