04 May, 2011

How to learn ?

Bagaimana cara belajar yang baik ? inilah yang terus dicari agar para siswa medapatkan ilmu yang banyak dan bisa menerapkannya dalam kehidupan. KEmarin saya bertemu dengan seorang anak SD (siswa saya) yang kata guru-guru suka sekali belajar... hmmm apa resepnya ?!? saya langsung ajak berdiskusi. Panggilan siswa kelas 5 ini adalah Pingga.

Kamu belajar dirumah itu jam berapa ?
Mulai jam pulang sekolah yaitu jam 1 sampai jam 4, setelah itu mandi lalu ngaji, pulang ngaji sekitar jam 6.30 belajar lagi sampai jam sembilan. MAteri yang dipelajari adalah mengulangi pelajaran hari ini (untuk siang) lalu menyiapkan pelajaran untuk besok (jam malam).

Terus kalau sabtu minggu apa nggak main ?
Nggak, sabtu minggu tetap belajar seperti biasa

Apa nggak bosan ?
Sudah biasa....

Terus nggak ingin main PS misalnya ?
Nggak, lha wong nggak bisa mainnya.. hehheehh

Kamu disuruh belajar sama orang tua dengan paksaan ?
dulu pas kelas 3 ya sih .. tapi sekarang sudah biasa.

Apa sih keinginanmu ?
ya pokoknya Pintar, kan tugas saya cuman belajar-belajar

Begitulah diskusi saya dengan siswa ini, hanya bilang "Istimewa" semoga apa yang dinginkannya tercapai. Mungkin hanya anak inilah yang kuat belajar seperti ini (1000:1). KAlau anak-anak semua seperti ini mungkin masa depan negara ini akan terjamin. Pendidikan Bangsa memang penting tapi lebih penting lagi memberitahu siswa bagaimana cara belajar yang baik !

No comments: