25 August, 2009

Hak Cipta (Copyright)

Belakangan ini mulai timbul kesadaran bangsa ini untuk memasukkan semua kebudayaan bangsa agar tidak ada yang mengeklaim terlebih dahulu. Kasus seperti Jamu, Tempe, Lagu Rasa Sayange, Anglung, Reog Ponorogo dan bahkan yang terakhir yang diklaim oleh Malaysia adalah Tari Pendet Asal BAli. Sungguh sangat menyesakkan.

Menteri Pariwisata Indonesia yang notabene Asli Bali akhirnya marah, dia mengirim nota protes keras ke pemerintahan Malaysia. Sudah dijelaskan sih oleh pihak Malaysia bahwa itu bukan dari pemerintahan tapi Public Relation swasta, tapi apapun itu tetap saja iklan yang dikeluarkan oleh chanel discovery meningkatkan hawa amarah masyarakat Indonesia.

Saya juga nggak tahu apa sih yang dipikir orang Malaysia ? apa mereke nggak punya kebudayaan... berupa tarian, lagu , dan lainnya. Kabar baiknya Pemerintahan Indonesia sudah medaftarkan Hak Cipta ke Unesco antara lain : Wayang dan Batik. Moga Tidak mereka ulangi, kita merasa Malaysia meneyepelekan Hak Indonesia, apa mereka pikir mereka kaya terus semaunya.... Tanpa Indonesia MAlaysia takkan bisa kaya... saya yakinkan itu

No comments: