10 August, 2009

MENABUNG DI BANK TAMBAH MISKIN ?

Sudah lama sebenarnya saya ingin membahas maslah ini, tapi selalu lupa untuk menulisnya di blog. Menabung di Bank sekarang ini sangat merugikan terutama bagi mereka yang tabungannya hanya dibawah 1 Juta. Lho kenapa? kok bisa ?
Oke saya akan cerita masa kecil saya dulu .... sekitar tahun 1990-an. Disaat itu saya sudah diajari oleh orang tua untuk menabung, emang benar sih pada saat itu kalau saya menabung 10 ribu rupiah maka uang akan mendapat bunga, apalagi saat itu penghitungan bunga dilakukan 1 tahun sekali, jadi pas dihitung pasti dapat bunga banyak. Pada saat itu pula penabung tidak kena pajak dan bebas biaya administrasi bunganyapun 12% per tahun. Lumayan kan..... Setiap nabung melihat buku tabungan tak akan berkurang jumlahnya bahkan bertambah.
Nah bandingkan dengan keadaan sekarang ? Coba saja anda menabung di Bank manapun, pasti bunga yang dihasilkan kena pajak, dan kena biaya administrasi antara 5000 -10.000. Nah mari kita itung bersama : kalau uang kita ex : 1 juta maka setiap bulan kena biaya admin 5.000 nah berapa bunga yang didapat/ bulan (sekarang bunga Bank sekitar 6% per tahun jadi 0,5% per bulan) sekitar Rp 5.000... pas sama biaya admin... padahal bunga kena pajak 10 % jadi tinggal 4.000 nah buat bayar administrasi -1.000
Kalau yang sudah diatas 10 Juta ya nggak papa... tapi kalau yang miskin gimana ? mau disimpan di rumah takut hilang kalau disimpan di bank tiba-tiba berkurang terus.... JAdi kasihan bangsa ini..... tak memperhatikan yang mioskin... harusnya dibedakan donk anatar si kaya dan si miskin baik maslah administrasi ataupun pajaknya... MERDEKA

1 comment:

T E E said...

Sekarang taplus BNI tetap bayar administrasi walau saldonya 10 juta. Koq nggak ada orang Indonesia yg marah dengan sistem keuangan yg menipu konsumen ini.