31 August, 2009

Pegadaian Syariah

Setelah lama hanya lihat, baca, dan mendengarkan prinsip syariah, akhirnya tadi pagi saya beserta keluarga mencoba menitipkan barang, salah satunya adalah emas. Berdasarkan informasi yang saya himpun kalau kita tahu cara menyimpan emas maka akan berhasil dan sukses. Sayangnya apa yang saya bayangkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Ketika masuk di pegadaian syariah..... ternyata kita kena biaya administrasi sekitar 15 ribu, biaya sewa 22 ribu / 10 hari lho.... kok seperti riba ya..... padahal kita nitip lalu diberi 90% dari hasil timbanagn pada emas kita + berapa karat. Sayang prinsip Islam tidak berjalan dengan baik. Kedua saya ke BRI Syariah (Pegadaiannya) Disini biaya adminnya lebih murah (lagi diskon) tapi kalau dihitung ya sama aja kayak bunga deh. Prinsip Islam Masih juga belum maksimal walaupun lebih baik pelayanannya daripada pegadaian syariah.

Sebenarnya kaget juga dikedua pegadaian syariah ini timbanggannya kok nggak sama dengan kwitansi emas saya (sengaja tidak saya kasihkan... beda sampai hampir 2 gram). Wah jadi melas... tapi ini pengalaman berharga. Makanya kalau mau ke pegadaian syariah mending dipkir-pikir dulu, kalau perhiasannya bisa diganti ya lebih baik dijual saja, tapi kalau suka ya titipin aja.

No comments: