11 February, 2010

Facebook senang Facebook malang

Beberapa hari ini kita semua disuguhi berita yang sangat menyedihkan, dimana sebuah kemajuan teknologi dengan menggunakan jejaring sosial salah satunya facebook membuat anak-anak, remaja berani lari dari rumah dan pergi dengan orang yang dikenal hanya lewat facebook. Bahakan mereka menulis sudah berpacaran walau tak bertemu. Perkembangan teknologi memang sulit dibendung dan membuat manusia lebih mudah berinteraksi tanpa harus langsung ketemu dengan orang dimanapun mereka berada.

Sebenarnya kasus seperti ini bisa terjadi karena sebagian besar adalah kesalahan orang tua. Kebanyakan dari mereka merasa ingin mengawasi anaknya, membatasi dan lainnya. pada saat tertentu mungkin ini benar tapi pada saat yang lain ini bisa salah kaprah. Kesedihan anak, terpojok, merasa disalahkan dan merasa tidak ada yang membela mengakibatkan anak mencari pelarian curhat ke orang yang mau menerima dirinya dengan segala kekurangan dan kesedihannya. SO bagaimana mengatasinya ?

menurut saya mungkin ini bisa digunakan sebagai tips orang tua agar anak-anak tidak terlalu masuk ke dunia maya khususnya jejaring sosial :
1. Berilah selalu nasehat yang membangun dengan nada motivasi
2. tanya apa saja kelebihan dan kekurangan kita sebagai orang tua
3. ketahui siapa saja teman dari anak kita baik di offline maupun online.
4. sebagai orang tua jangan gaptek (terus berbenah diri dan belajar)

No comments: