19 March, 2010

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Seperti biasa setiap tahun saya membayar pajak sepeda motor Honda Revo (ini tahun kedua). Sekarang cara membayarnya cukup Mudah. pertama kalau kendaraan atas nama sendiri bisa langsung (kalau bukan harus bawa foto kopi KTP dan surat kuasa). APakah BPKB dimasukkan leasing / Bank ? nah kalau tidak juga bisa langsung sedangkan yang masuk leasing/ bank minta surat keterangan dari pihak Bank. JAdi yang dibawa KTP asli, STNK asli, BPKB asli(Surat keterangan dari BAnk/ Leasing)

Oke setelah lengkap berikutnya adalah masuk ke kantor SAMSAT setempat. Beli map khusus untuk membayar Pajak Kendaraan bermotor (roda 2 atau 4). Lalu minta formulir pengisian. BAru masukkan ke tempat pendaftaran (dicek kelengkapan adaministrasi), selesai itu tinggal tunggu dipanggil untuk pembayaran pajak sepeda motor. Mudah bukan ? jangan memakai calo ! kalau bingung tanya pada petugas yang ada, pasti diajari.

Berapa biaya Pajak Kendaraan bermotor ? Lihat saja di STNK, biasanya disana tertera dengan jelas, kalaupun naik tidak akan jauh dari sebelumnya. Pajak kendaraan bermotor ini digunakan untuk pembangunan infrastuktur seperti jalan, fasilitas public dan lainnya. Ayo Awasi penggunannya !

No comments: